“HADIS
TENTANG FIRQAH (SEKTE)”
Oleh
:FailaSufatunNisa’ (10530058)
Terdapat beberapa hadis nabi yang
menerangkan perpecahan di kalangan umat-umat, baik yahudi,nashrani
maupun islam dengan redaksi sanad yang berbeda – beda tapi
kandungannya sama. Diantaranya hadis yang diriwayatkan oleh imam
Tirmidzi.
RedaksiHadist
حدثنا
الحسين بن حريث ابو عمار.
حدثنا
الفضل بن موسي عى محمد بن عمرو عن ابي سلمة
عن ابي هريرة النبي صلي الله عليه وسلم
قال :
تفرقت
اليهودي علي احدي وسبعين او اثنين وسبعين
فرقة,
والنصاري
مثل ذلك .وتفرقت
امتي علي ثلاث وسبعين فرقة.
Artinya : al-Turmudzi bercerita
kepada kami Husayn bin Hurays Abu ‘Ammar ( yang berkata), bercerita
kepada kami al-Fadl bin Musa dari Muhammad bin ‘Amr, dari Abu
Salamah dan dari Abu Hurayrah, sesungguhnya Rasulullah SAW telah
bersabda “ umat yahud itelah pecah menjadi tujuh puluh satu atau
tujuh puluh dua sekte, umat nasrani ( telah pecah seperti itu, dan
umatku akan pecah menjadi tujuh puluh tiga sekte.1
KualitasHadist/AnalisisSanad,
Pada hadisat- Turmudzi diatas yang
bersumber dari riwayat Abu Hurairah dengan sanad al- Husayn bin
Hurays, oleh mukharijnya dalam hal ini dinilai sebagai hasan-
shahih. Istilah ini memberikan kesan bahwa hadis itu lebih shahih
dari pada hadis yang hanya dinilai shahih saja.2
SyarahHadist;
Dalam hadis tersebut nabi menerangkan
/ menjelaskan kepada sahabat tentang perpecahan umat-umat di dunia
ini, seperti yang dikemukakan beliau tentang perpecahan umat yahudi
menjadi tujuh puluh satu golongan, sama halnya dengan umat nasrani ,
nabi juga menyatakan bahwa umat islam juga terpecah menjadi tujuh
puluh tiga sekte.
PengertianSekte
Dalam hadis tersebut termuat kalimat
bahwa umat islam akan pecah menjadi tujuh puluh tiga sekte. Tentang
ungkapan tujuh puluh tiga ini telah ditafsiri oleh al-Mubarakfuri
sebagai jumlah sekte - sekte yang terdapat dalam lapangan teologi
islam. Penafsiran bilangan yang persis ini meliputi 20 sekte dari
aliran mu’tazilah, 22 sekte dari aliran syi’ah, 5 sekte dari
aliran murji’ah, 20 sekte dari aliran khawarizmi, 3 sekte dari
aliran najjariyyah, 1 sekte dari jabariyah, 3 sekte dari mujassimah,
semua ini berjumlah tujuh puluh dua. Dan yang terakhir adalah dari
al-jama’ah.
Pengertian kata sekte diambil dari
bahsa arab firqoh
yang jama’nya sebagaimana terdapat dalam riwayat hadist diatas.
Dari sudut bahasa kata firqoh yang identic dengan sekte memilki kata
lain dalam bahasa inggris, seperti part, division,section, party,
group dan class. Dari kata section inilah diserap menjadi kata sekte
yang memilki pengertian bagian, golongan, kelompok dll.3
PersoalanSekteDalam
Islam
Persoalansekte-sekte dalam islam
disebabkan oleh interpretasi kaum muslimin terhadap masalah politik
yang dibawa kedalam gerakan keagamaan, karena dibahas secara agama
dan kemudian mengkristal dalam lapangan teologi. Meski akhirnya
tercatat dalam lembaran sejarah, tapi persoalan sekte – sekte dalam
islam bersifat temporal ini terlihat dari adanya perbedaan pandangan
diantara sekte - sekte.
Karena
itu, untuk mengetahui penggolongan sekte – sekte dalam islam,
al-syahrasytani mendasarkan pada perbedaan dalam empat persoalan
pokok. Diantaranya adalah :
- Pembahasan tentang sifat – sifat tuhan dan pengesaan sifat tuhan. Perbedaan tentang persoalan ini menimbulkan sekte - sekte ‘asy’ariyyah, karramiyah ,mujassimah dan mu’tazilah.
- Pembahasan tentang qodar dan keadilan tuhan.
Perbedaan
inilah yang menimbulkan sekte – sekte Qodariyyah, nijariyyah,
jabariyyah, ’asyariyyah, karramiyyah.
- Pembahasan tentang janji dan ancaman ( al-wa’adwalwa’id) ,tentang iman, batasan iman dan keputusan sesat atau kafir yang tidak beriman sempurna. Perbedaan tentang persoalan ini menimbulkan pembahasan di kalangan sekte – sekte murji’ah, mu’tazilah, asy’ariyyah, dan karramiyah.
- Pembahasan tentang dalil yang bersumberkan wahyu (sama’) dan dalil akal pikiran, serta terutusnya nabi dan masalah imamah, khilafah. Perbedaan tentang pokok persoalan ini menimbulkan pembahasan di kalangan sekte – sekte syi’ah ,khawarizm, mu’tazilah, karramiyahdan ‘asyariyyah. 4
Demikian keterangan sekte atau firqoh
dilihat dari hadis yang diriwayatkan oleh at- turmudzi yang terdapat
dalam buku yang ditulis oleh Drs.Sa’dullah Assa’idi,MA. Yang
berjudul Hadis-Hadis Sekte..
DaftarPustaka
Assa’idi,
Sa’dullah, Hadis-
Hadis Sekte,PustakaPelajar,Yogyakarta,cetakan
I, 1996
1 Drs.
Sa’dullahAssa’idi,MA,Hadis-HadisSekte,(Yogyakarta:
pustakapelajar) 1996, hlm. 35
2
Drs. Sa’dullahAssa’idi,MA,Hadis-HadisSekte,(Yogyakarta:
pustakapelajar) 1996, hlm. 50
3 Drs.
Sa’dullahAssa’idi,MA,Hadis-HadisSekte,(Yogyakarta:
pustakapelajar) 1996, hlm. 59
4 Drs.
Sa’dullahAssa’idi,MA,Hadis-HadisSekte,(Yogyakarta:
pustakapelajar) 1996, hlm. 78-79
Tidak ada komentar:
Posting Komentar